Clearance oleh Tim CIQP, Apa itu CIQP ?

posted in: Berita | 0

Sobat Mido, taukah kamu bahwa Pengawasan terhadap Lalu Lintas Angkutan Laut merupakan salah satu tugas dari Keimigrasian. Secara internasional Bentuk pengawasan ini lebih dikenal dengan istilah Clearance.

Clearance secara umum dilakukan oleh tim CIQP yang terdiri dari Custom (Bea dan Cukai), Immigration (Imigrasi) dan Quarrantine (Karantina), serta Port master (Syahbandar). Tim CIQP bekerja secara bersama-sama melakukan pengawasan dalam suatu perlintasan.

Masing-masing tim memiliki tugas yang berbeda yaitu Imigrasi untuk clearance perlintasan manusia meliputi dokumen perjalanannya, Bea Cukai untuk clearance perlintasan Barang dan sedangkan Karantina untuk Clearance kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan.

Pada kesempatan ini Petugas unit TPI dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang bersama tim Custom, Quarrantine, dan Port Master melakukan pengawasan terhadap kapal laut dengan Bendera China. Kapal tersebut sedang berada di perairan Bintan. Pemeriksaan dokumen dilakukan kepada semua crew yang ada dikapal tersebut dan dipastikan seluruh dokumen kapal dan awal kapal tersebut lengkap. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *